Selasa, 26 Februari 2019

Break the Patern

BREAK THE PATTERN ala NLP
by. Asep Herna (Pakar Komunikasi & Advertising)




Salah satu cara untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik, secara ekstrem, adalah dengan mengaplikasikan konsep "Breaking the Pattern." Hasilnya oke lho, dan recommended buat dicoba.

Saya sering melakukan ini, bahkan hanya untuk sekadar menciptakan mood kreatif lebih baik.

Idenya berawal dari gurauan bos saya di perusahaan iklan. Beliau bilang, untuk menciptakan mood kreatif ketika lagi stuck, coba potong sesuatu yang udah terpola. Dimulai dari hal sederhana, seperti jalur kita berangkat ke kantor. Ubah jalur lama, dan coba dalam 3 hari lewati jalur yang selalu berbeda.

Apa yang terjadi? Bener lho, saya merasa FRESH banget.

Sejak itu, saya memahami, tubuh dan pikiran kita memang perlu dikasih kejutan. Saya juga mengaplikasikan cara ini termasuk ketika membantu orang untuk mentransisikan kesadarannya. Pola "breaking the pattern" adalah sesuatu yang sangat ampuh.

Suatu ketika pernah juga, saya harus begadang terus-terusan, saat mungkin karena bawaan di perut, bayi kami pola tidurnya terbalik. Siang tidur terus, malam melek terus sampai jam 4 pagi. Repot banget, kan? Sementara saat siang juga terutama saya harus kerja.

Nah, konsep "bereaking the pattern" saya aplikasikan, dengan di saat siang, saya ajak terus bayi saya canda. Tidur sewajarnya, lalu saya bangunkan, dan saya ajak bermain lagi. Hasilnya? Pola tidurnya pun berubah sampai sekarang.

Saya sering melakukan hal-hal aneh sekadar mengaplikasikan "breaking the pattern" ini. Dan selalu ada yang baru saya rasakan.

Misal, ketika saya bawa motor. Saat pola biasa selalu minggir untuk berteduh ketika hujan, saya mencoba jalan terus. Melaju sambil menikmati derasnya hujan. Walau JIBREG, tapi wooow, ini rasanya luar biasa.

Temen-temen bisa juga melakukan hal lain. Memberi kejutan pada tubuh sendiri, pada pikiran sendiri, agar kita tidak terjebak pada pattern.

Sesekali juga, coba kita nikmati kejutan ini bersama orang lain. Misal, ini misal, kalo ke rumah kita suka ada nenek-nenek lansia atau siapapun yang datang meminta-minta, saat tangan kita siap  merogoh kocek sekian rupiah, coba urungkan sebentar, ubah niat dengan mengambil dompet, kasih dia 10 atau 100 kali lipatnya.

Biarkan tubuh dan pikiran kita terkejut. Biarkan si nenek lansia atau siapapun yang datang ke kita itu juga terkejut. Dan nikmati keterkejutan itu bersama-sama. Tuhan menganugerahkan momen indah untuk kita.

Salam... 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar